Definisi Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Sistem Informasi Manajemen menurut beberapa ahli:

a)     Kroenke, David

Sistem Informasi Manajemen adalah pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi.

b)     Mc. Lead

Sistem Informasi Manajemen adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika.

c)      Stoner

Sistem Infoemasi Manajemen adalah metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi-fungsi perencanaan.

d)     Abdul Kadir

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang digunakan untuk menyajikan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

e)      Gordon B. Davis

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu serapan teknologi baru kepada persoalan keorganisasian dalam pengolahan transaksi dan pembelian informasi bagi kepentingan keorganisasian.

f)       George M. Scoff

Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional terpadu yang mampu mentransformasikan data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian, cara guna untuk meningkatkan produktivitas sesuai dengan gaya dan sifat manager atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

g)     Menurut E.Cushing Sistem Informasi Manajemen adalah:

‘Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian’. (Jogiyanto,2005,14).

h)     Menurut Frederick H.Wu Sistem Informasi Manajemen adalah:

‘Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen’. (Jogiyanto,2005,14).

KESIMPULAN:

Berdasarkan beberapa pendapat ahli diatas dapat kita tarik garis lurus bahwa intinya Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk kegiatan manajemen. Informasi ini dapat mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat manajemen dapat melakukan fungsi-fungsi perencanaannya.

Sumber:

http://fizzulhaq.blogspot.com/2009/11/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html

http://joniinsyaf.blogspot.com/2013/03/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s