Wisata sejarah

Wisata tidak mesti perjalanan yang menempuh waktu berhari-hari bukan??? banyak potensi  wisata yang bisa di gali sepert wisata sejarah yang kini kian marak seperti wisata museum. Apalagi semakin banyaknya muda-mudi yang ingin mempunyai pengetahuan luas. Cukup simple, kalau begitu berkunjung aja ke museum. Disana akan kita temukan segala sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya. Nah Belum lama ini saya mengunjungi museum yang berada di daerah kota, yang letaknya dekat dengan stasiun KA Beos, tepatnya di Jl. Taman Fatahillah No. 1. Perjalanan kesana ditempuh dengan naik kereta api dari bekasi – stasiun pemberhentian akhir di stasiun jakarta kota.

Saat itu saya mengunjungi museum fatahillah. Museum fatahillah berdekatan dengan museum keramik dan museum wayang. Museum fatahillah atau dikenal sebagai museum sejarah jakarta atau museum batavia.

Museum ini sangat luas dan terlihat kokoh. Terdiri dari 2 lantai, ruangan bawah tanah, halaman depan, dan halaman belakang yang luas. Dilantai pertama kita akan menemui koleksi keramik, penemuan arkeologi, prasasti, replika kebudayaan jakarta, patung-patung, dll. Sedangkan dilantai kedua kita akan menemui koleksi furniture peninggalan belanda seperti meja, kursi, tempat tidur, lukisan, lemari, dll.

Di halaman belakang terdapat meriam si Jagur yang dianggap keramat. Di sini juga terdapat patung Dewa Hermes, yaitu anak dewa Zeus dalam mitologi Yunani. Merupakan dewa kerumunan orang, perdagangan, penemuan baru dan atlet. Patung perunggu ini berbentuk seorang pria sedang berlari, bertumpu pada salah satu kaki bersayapnya, membawa tongkat bersayap yang dililit oleh 2 ekor ular. Patung ini sebelumnya diletakkan di jembatan Harmoni, namun karena sering dirusak oleh tangan yang tidak bertanggungjawab, akhirnya dipindahkan ke museum ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di halaman belakang juga terdapat penjara bawah tanah yang dibilang angker. Tapi sayangnya saat saya berkunjung tempat ini tertutup karena sedang dalam renovasi.

Dihalaman belakang juga terdapat beberapa penjual makanan khas jakarta seperti kerak telur, selendang mayang dsb, jadi untuk anda yang ingin berkunjung jangan khawatir keaparan ya.

Ayooo ikutan wisata museum dijamin seru dan pulang dengan pengetahuan yang bertambah

Jam operasional Museum
Selasa – Kamis : 09.00-15.00
Jumat : 09.00-14.30
Sabtu : 09.00-12.30
Minggu : 09.00-15.00
Senin dan hari libur Nasional, museum tutup

Harga tiket masuk
Mahasiswa Rp 1000
WNA (Anak) Rp 600
WNA (Dewasa) Rp 2000
WNI (Anak) Rp 600
WNI (Dewasa) Rp 2000

Telp : 021-692-9101

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s