Keputusan Seorang Manajer dalam Penetapan Anggaran

Jika saya menjadi seorang manajer di perusahaan manufaktur saya akan mempertimbangkan hal-hal yang harus disusun dalam sebuah anggaran diantaranya:

# Jenis produk dan jasa

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Jenis produk yang di produksi perusahaan bermacam-macam, ini dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen. Keanekaragaman produk juga dimaksudkan untuk pengklasifikasian pangsa pasar bahwa produk yang ini untuk orang yang pendapatannya tinggi, menengah , dan rendah. Dari sini akan timbul perbedaan harga produk yang dijual, karena bahan produk yang digunakan untuk memproduksi pun berbeda-beda.

# Ketersediaan biaya bahan baku

Untuk bahan baku, sebaiknya dilihat dekat tidaknya letak bahan baku dari pabrik pengolah , bahan baku berlimpah atau tidak. Jika bahan baku yang dibeli ternyata letaknya jauh misalnya harus menyebrangi pulau, ini akan membuat adanya ongkos angkut untuk transportasi yang sangat besar dan ini pula yang bisa menyebabkan harga jual menjadi lebih tinggi. Jika letak bahan baku dekat, mungkin ongkos angkut tidak akan membengkak dan menyebabkan harga melonjak. Berlimpah tidaknya bahan baku juga menjadi suatu pemikiran, bagaimana jika bahan baku yang digunakan suatu hari habis? Padahal perusahaan belum lama beroperasi. Dengan demikian observasi mengenai bahan baku perlu diadakan, sekiranya kita bisa tahu bahan baku apa yang berlimpah, serta letaknya dekat dengan pabrik pengolah.

#  Sumber daya fisik dan manusia

Setiap perusahaan pasti membutuhkan sumberdaya manusia di dalamnya. Sumberdaya manusia ini yang nantinya akan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi khususnya untuk perusahaan manufaktur dan tentunya pengolahan bahan mentah akan dilakukan oleh mesin disini manusia hanya berperan sebagai operator alias penggerak mesin. Sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan adalah SDM yang terampil, tekun, dan pastinya sehat. Mengapa demikian? Jika SDM terampil, tekun, dan sehat tentunya tidak akan menghambat produksi. Coba bayangkan jika sebaliknya, SDM yang ada tidak terampil menggunakan alat atau  mengerjakan suatu pekerjaan ini dapat mengakibatkan lambatnya produksi, target waktu jadi berantakan, hasil tidak sesuai, dan banyak barang produksi yang gagal dll. Jika sudah begini produk akan telat sampai ke konsumen sedangkan pesaing diluar banyak yang memproduksi barang sejenis, perusahaan akan kehilangan pelanggan.

# Aspek teknologi

Setiap perusahaan pasti memiliki teknologi yang digunakan baik itu untuk proses produksi, distribusi atau pun kegiatan lainnya yang memerlukan adanya teknologi. Jika kasusnya adalah proses produksi pada perusahaan manufaktur, sebaiknya gunakanlah teknologi yang tepat seperti mesin-mesin yang digunakan untuk mengolah bahan mentah,pengecap merk dagang, pengepress produk dll. Teknologi ini sangat bermanfaat fungsinya salah satunya membantu proses produksi. Teknologi ini pun dapat meringankan pekerjaan manusia, karena manusia hanya sebagai operator mesin.

# Penetapan harga

Penetapan harga adalah Menetapkan harga suatu barang. Apabila nilai harga barang terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh oleh penjual. Penentuan harga juga memiliki beberapa tujuan dan pendekatan dalam penentuan harga, pendekatan tersebut ada 3 macam. Yaitu : pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan pendekatan pasar. Selain itu penentuan harga juga memiliki strategi-strategi tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s