Objek Wisata Tawangmangu

Sekitar dua tahun lalu, tepatnya ketika liburan sekolah tiba. Saat itu saya memanfaatkan waktu luang untuk berlibur ke rumah nenek yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah. Liburan kali ini saya bersama keluarga sudah merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan setelah tiba disana. Mulai dari objek wisata yang akan kami kunjungi hingga buah tangan apa yang akan di bawa pulang ke Bekasi.

Ketika itu, kami mengunjungi objek wisata Tawangmangu yang terletak di kecamatan Tawangmangu kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Perjalanan kesana membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Klaten. Objek wisata Tawangmangu ini terkenal dengan keindahan daerah serta kesejukkan udaranya. Ini dikarenakan Tawangmangu berada pada areal pegunungan yang subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Namun demikian kota kecil ini telah terkenal hingga ke mancanegara karena kawasan ini merupakan objek wisata yang cocok untuk dijadikan pilihan saat berlibur maupun berdarma wisata.

Objek wisata yang berada di areal seluas 64,30 km² ini, menawarkan keindahan air terjunnya tak hanya itu area wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas flying fox, arung jeram kecil, duta playground dengan pemancingannya, dan arena outbond dengan taman lalu lintas dan kereta pohon.  Objek utama di areal ini adalah air terjunnya. Air terjun yang dimaksud adalah “Grojogan Sewu” yang berarti “seribu air terjun” inilah yang menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Air terjun Grojogan Sewu memiliki ketinggian 81 m dan terletak di dalam kawasan hutan lindung seluas 20 ha. Untuk sampai di air terjun tersebut, kita harus menuruni anak tangga yang jumlahnya 625 anak tangga. Tapi jangan salah walaupun harus menuruni 625 anak tangga, ini tidak akan berasa melelahkan  karena wisatawan diajak melihat sekaligus mengelilingi area hutan lindung. Terdapat ratusan kera yang menghuni hutan lindung ini, so hati-hati untuk wisatawan yang berkunjung kesini meskipun terlihat jinak kadang-kadang mereka bisa saja tiba-tiba mengambil tas atau bawaan lainnya, apalagi bila bawaannya makanan.

Setibanya disana sungguh terbayar  penurunan 625 anak tangga dengan keindahan air terjun. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tidak ketinggalan mengabadikan momen tersebut dengan kamera yang dibawanya. Setelah puas mengabadikan momen tersebut, rasanya kurang afdol kalau belum makan disini karena jarang-jarang suasana sejuk nan indah bisa ditemui. Disini ada banyak pedagang yang menjual aneka makanan siap saji untuk anda yang tidak membawa perbekalan so, jangan takut kelaparan. Untuk tempat menyantap makannya ada banyak pedagang yang menyewakan tikar jika ingiin duduk sambil bersantai. Tidak ada tikar pun tak masalah, kita  bisa menikmati makanan di pinggiran aliran air terjun.

Bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan menantang adrenalin, bisa mencoba permainan flying fox, arung jeram, ataupun outbond yang ada disekitar area ini.

Tak lengkap pula bila pulang tidak membawa buah tangan untuk sanak sodara, disini banyak pedagang yang menjual pernak-pernik berupa pajangan, gantungan, ataupun aksesoris yang berbau “grojogan sewu”. Jika berangkat menuruni 625 anak tangga maka pulang harus menaiki 625 anak tangga pula. Total keseluruhan 1250 anak tangga yang telah dilalui, nah ini dia namanya wisata sambil olahraga.

Jadwal Buka
Senin – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB
Idul Fitri pukul 06.00 – 18.00 WIB
 
Harga Tiket
Pengunjung domestik: Rp 18.000
Pengunjung mancanegara: Rp 18.000
Pelajar: Rp 9.000

sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Tawangmangu,_Karanganyar

http://solo.yogyes.com/id/see-and-do/nature-and-outdoor/tawangmangu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s