Dampak positif dan negatif fenomena alam

Dari sekian banyak fenomena alam di bumi kita ini, pasti terdapat dampak positif dan negatif dari fenomena yang terjadi. Tapi sebelumnya kita harus mengenal fenomena alam itu sendiri. Fenomena alam berdasarkan definisinya adalah sebuah kejadian yang terjadi di alam dengan sendirinya. Fenomena alam ini ada yang memberikan manfaat dan ada pula yang merugikan bagi manusia dari fenomena alam yang terjadi. Misalnya fenomena alam meletusnya gunung merapi dan hujan asam. Mari kita bahas satu persatu fenomena alam diatas. Simak ya..

      Letusan Gunung Merapi

Letusan Gunung merapi merupakan fenomena alam yang terjadi sebagai akibat dari tidak mampunya lagi kawah untuk menampung cairan dari perut bumi yang disebut magma. Magma adalah cairan panas yang liat yang berasal dari dalam Bumi. Magma yang muncul di permukaan Bumi berasal dari Mantel. Di permukaan Bumi, magma membeku dan membentuk batuan yang disebut sebagai batuan beku atau igneous rock. Oleh karena itu, magma secara sederhana sering didefinisikan sebagai batuan cair atau molten rock.

        Dampak negatif  letusan gunung merapi

Letusan gunung api ini memberikan dampak negatif untuk manusia dintaranya adalah aliran lava yang melewati pemukiman penduduk dapat menghancurkan pemukiman penduduk, menghilangkan mata pencaharian penduduk sekitar gunung yang kebanyakan bekerja sebagai petani, abu akibat meletusnya gunung merapi dapat membuat timbulnya penyakit saluran pernapasan yang biasa di kenal dengan ispa (sesak napas), apabila gunung merapi dibawah permukaan laut meletus biasannya diikuti gelombang tsunami, akan menimbulkan kelaparan bagi para korban bencana jika semua lahan yang ditanami hancur oleh sapuan magma, dapat menimbulkan kematian jika menghirup gas yang berasal dari gunung merapi seperti gas belerang, dapat pula menyebabkan kebakaran hutan dan lain sebagainya.

        Dampak positif letusan gunung merapi

Letusan gunung merapi memang memberikan dampak negatif tapi jangan salah letusan ini juga memberikan manfaat bagi penduduk sekitar gunung merapi. Mau tau… mau tau.. simak baik-baik ya. Dampak positif dari gunung merapi adalah dapat menyuburkan tanah sekitar gunung, Hasil erupsi (pasir) dapat dijadikan mata pencaharian seperti penambangan pasir dan karya seni dari endapan lava yang telah dingin, magma yang telah membeku di permukaan bumi menyimpan bermacam material logam atau bahan tambang, seperti emas dan perak, material gunung api berupa batu, kerikil, dan pasir dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, jika gunung merapi sudah tidak aktif lagi, kawah dari gunung tersebut dapat di jadikan objek wisata.

Wah ternyata banyak juga ya dampak positif dari letusan gunung merapi ini, meskipun ada juga dampak negatifnya.

      Hujan asam

Hujan asam adalah fenomena alam yang terjadi sebagai akibat dari air hujan yang terkontaminasi dengan karbon dioksida dan gas klorine yang bereaksi serta bercampur di atmosfer sehingga menyebabkan tingkat  keasamannya lebih rendah dari air hujan biasanya yaitu pada pH 5.


Pada dasarnya Hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, Sulfur Dioxide (SO2) dan nitrogen oxides (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui pembakaran. Akan tetapi sekitar 50% SO2 yang ada di atmosfer diseluruh dunia terjadi secara alami, misalnya dari letusan gunung berapi maupun kebakaran hutan secara alami. Sedangkan 50% lainnya berasal dari kegiatan manusia, misalnya akibat pembakaran BBF, peleburan logam dan pembangkit listrik. Minyak bumi mengadung belerang antara 0,1% sampai 3% dan batubara 0,4% sampai 5%. Waktu BBF di bakar, belerang tersebut beroksidasi menjadi belerang dioksida (SO2) dan lepas di udara. Oksida belerang itu selanjutnya berubah menjadi asam sulfat (Soemarwoto O, 1992).

dampak hujan asam pada tumbuhan

dampak hujan asam pada batuan

       Dampak negatif dari hujan asam

Kelebihan zat asam pada danau akan mengakibatkan spesies yang hidup di danau akan mati, Kadar SO2 yang tinggi di hutan menyebabkan noda putih atau coklat pada permukaan daun jika hal ini berlangsung lama maka akan menimbulkan kematian pada tumbuhan tersebut, jika masuk ke dalam paru-paru manusia partikel halus yang dihasilkan dari hujan asam akan mengikat paru-paru dan menyebabkan gangguan pada pernapasan, hujan asam dapat pula menimbulkan korosi misalnya korosi pada batu kapur, pasir besi, marmer, batu pada dinding beton dan logam. Hujan asam dapat merusak batuan sebab akan melarutkan kalsium karbonat.

       Upaya pengendalian deposisi asam

Hujan asam memang hanya menimbulkan kerugian, tapi jangan takut semua ada solusinya. Berikut adalah pengendalian deposisi asam.

Usaha untuk mengendalikan deposisi asam ialah menggunakan bahan bakar yang mengandung sedikit zat pencemae, menghindari terbentuknya zat pencemar saar terjadinya pembakaran, menangkap zat pencemar dari gas buangan dan penghematan energi.

Sumber : http://anafio.multiply.com/reviews/item/5

About these ads

6 thoughts on “Dampak positif dan negatif fenomena alam

  1. Halo kak. Saya Diana dan Yaya. Mau habis liat2 blog kakak. Blognya bagus, ada hamsternya.. Cara buat hamsternya gimana?? hamsternya lucu..

    • makasih pujiannya de
      cara buat hamsternya mudah kok, km tinggal buka abowman.com terus nantikan ada banyak pilihan terserah kamu pilih mau pilih yang mana klik aja. kemudian ada edit setting buat ganti warna sesuka km, nah kalo udah kamu copy deh embed code for wordpress.com nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s